Senin, 07 November 2011

Bagaimana Cara Memilih Teman?

Menjaga pergaulan adalah hal yang penting bahkan pergaulan akan menentukan masa depan dan sikap kita. Oleh sebab itu sangat penting untuk memilih teman yang tepat dan positif. Saat ini jangan hanya memilih teman abg gaul saja hanya untuk dicap sebagai remaja yang gaul dan keren. Hal yang lebih penting adalah memilih teman yang bisa membuat kita mampu mengembangkan diri secara positif. Namun perlu diingat bahwa memilih teman pun harus dengan niat yang baik. Bukan hanya mengambil keuntungan dari kelebihan teman tersebut saja. Pertemanan yang dijaga hingga menjadi persahabatan sangatlah berharga untuk dipertahankan. Lebih baik memiliki seorang teman yang setia daripada sepuluh teman yang hanya basa-basi saja.
Dalam memilih teman, pilihlah teman yang bersih dalam arti tidak terkenal membuat onar atau mengacaukan suasana. Hindari teman yang sering dimarahi oleh guru atau sering dipanggil pihak sekolah. Hindari pula teman yang sombong dan suka pamer secara terbuka. Pilihlah teman yang tidak merokok dan tidak minum minuman keras. Pergaulan dengan rokok dan minuman keras rawan terhadap kenakalan remaja.
Dalam memilih teman, penting untuk memperhatikan dengan siapa dia bergaul. Jika dia bergaul dengan teman-teman yang terlihat baik maka hal ini positif. Jangan memilih teman berdasarkan status. Lebih penting melihat pada kepribadian dan ketulusannya. Teman yang tulus akan sangat berharga dibandingkan dengan teman yang kaya tapi licik.
Menjaga pergaulan dengan teman yang lebih pandai, lebih aktif dalam bersosialisasi juga akan membawa dampak yang positif. Kita bisa ketularan sisi positif dari mereka. Pergaulan dengan teman yang pandai akan membantu kita untuk belajar bersama dan meningkatkan prestasi. Jangan pernah merasa rendah diri selama tujuan kita berteman adalah dengan niat yang baik.
Selain itu, memilih teman yang kebetulan memiliki hobi yang sama dapat menjadi nilai lebih. Misalnya teman bermain bola, teman membuat robot, teman bermain musik dan sebagainya. Dengan demikian, kamu bisa mengembangkan bakat dan berada pada lingkungan yang mendukung. Dalam pertemanan yang semakin lama, kamu akan semakin mengenalnya dan jika dia memang memberikan pengaruh yang baik maka kamu patut untuk mempertahankannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar